Bagaimana berfokus pada kualitas produk untuk memberi kebermanfaatan bagi pengguna produk dan atau jasa anda
Pengantar
Arti Kualitas
Kualitas berbanding lurus dengan kebermanfaatan
Dengan demikian kualitas menjadi hal yang begitu penting untuk menjadi perhatian bagi siapa saja penghasil barang dan jasa. Karena kualitas merupakan "penentu" seberapa bermanfaat sebuah produk atau jasa bagi orang lain. Semakin berkualitas berarti semakin bermanfaat bagi penggunanya.
Kualitas adalah cermin
Kualitas sebuah produk dan atau jasa merupakan cerminan pembuatnya. Produk anda cerminan kualitas anda. Jika anda membiarkan produk anda dengan kualitas rendah beredar, itu sebenarnya anda sedang memberitahu kepada khalayak kualitas anda. Pastikan hanya produk dan atau jasa anda yang berkualitas yang sampai kepada masyarakat.
Unsur Kualitas
Untuk membangun kualitas yang diharapkan, ada beberapa hal yang harus diurus, diantaranya :
Kualitas bahan
Salah satu unsur kualitas adalah bahan produk atau jasa. Banyak produk yang tidak memperhatikan kualitas bahannya. Bahan yang murah dan tidak berkualitas akan menghasilkan produk yang demikian adanya. Pastikan anda menggunakan bahan yang baik kalau bisa yang terbaik. Pada kenyataannya antara bahan yang berkualitas rendah, sedang dan tinggi harganya tidak terpaut jauh. Jangan demi membanting harga anda menggunakan bahan seadanya.
Kualitas pembuatan
Penentu kualitas produk selanjutnya adalah kualitas pembuatan, yang meliputi proses, cara dan standart operationg procedure (SOP) yang memperhatikan detil akan menghasilkan produk yang hebat dan konsisten. Pastikan produk anda diolah atau diproses dengan cara yang terbaik yang terdokumentasi dalam aturan SOP untuk mempertahankan kualitas secara konsisten. Untuk menghasilkan SOP memang tidak dihasilkan secara instant, namun ada baiknya anda terus melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas SOP anda yang itu berarti meningkatkan kualitas produk anda.
Kemasan
Jangan pernah mengabaikan kemasan produk anda. Karena kemasan akan menentukan harga produk anda. Bahkan produk yang berkualitas akan terkesan murahan jika dikemas seadanya. Sebalikya produk yang tidak berkualitas bisa terkesan mahal dengan dikemas secara istimewa. Banyak penghasil barang dan jasa yang mengabaikan hal penting yang satu ini, walau sebenarnya kemasan yang baik tidak begitu mahal. Kemasan merupakan finishing dari kerja keras anda membangun produk dari nol hingga dipasarkan atau dipublikasikan. Pastikan anda fokus pada yang satu ini.
Bangun Brand
Sebenarnya brand tidak masuk dalam unsur kualitas, namun brand akan meningkatkan kepercayaan masyarakat (trust). Produk yang sama sama dikemas baik dan diberi label akan lebih dipercaya masyarakat dibandingkan yang kosongan. Keberadaan brand juga akan mendorong anda untuk tidak bermain main dengan kualitas, karena brand merupakan hasil harya yang anda bangun dalam waktu yang tidak sebentar dan berproses lama dengan hambatan serta tantangan yang tidak mudah.
After Sales Services (ASS)
ASS merupakan layanan pasca pembelian produk atau jasa anda untuk memastikan bahwa pelanggan telah memanfaatkan atau menerima manfaat yang anda janjikan pada diskripsi produk atau jasa. ASS bisa berupa hotline service atau kontak layanan pelanggan yang bisa dengan mudah dihubungi oleh pelanggan untuk konsultasi mengenai produk atau jasa anda. Dengan demikian maka kualitas produk anda telah paripurna mmeberikan kebermanfaatan bagi masyarakat pengguna produk atau jasa anda.
Komentar